Cara Mencegah Anemia


Cara Mencegah Anemia


Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Dengan kondisi tersebut, penderita biasanya akan merasa letih dan lelah, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara optimal.

Anemia dapat terjadi dalam jangka waktu pendek maupun panjang, dengan tingkat keparahan ringan sampai berat. Pengobatan kondisi ini bervariasi tergantung pada penyebabnya. Anemia dapat diobati dengan mengonsumsi suplemen secara rutin atau prosedur pengobatan khusus.

Salah satu cara mencegah anemia ialah :
1. Mengkonsumsi obat TTD/ Tablet Tambah Darah 1 kapsul setiap satu minggu sekali dihari yang sama. Minum obat tablet penambah darah atau makan makanan hewani tinggi zat besi dengan teh hitam atau kopi dapat menghambat penyerapan zat besi karena kandungan tannin. Zat lain seperti fosfor, serat, fitat, juga menghambat penyerapan zat besi. Jadi, kalau Anda harus minum obat anemia, air putih atau air bervitamin C yang terbaik.
2. Mengkonsumsi buah dan sayur. Salah satunya adalah buah jeruk dan tomat. Jeruk mengandung asam folat sebesar 31,5 mcg, menurut USDA National Nutrition Database for Standard Reference. Fungsi lain buah jeruk adalah membantu penyerapan zat besi pada tubuh karena tinggi kadar vitamin C. Selain buah jeruk buah tomat juga kaya akan vitamin C dan likopen. Vitamin C yang terkandung di dalam buah tomat dapat membantu penyerapan zat besi yang lebih baik.

Tips:

🥇 Konsumsilah 1 atau 2 buah tomat atau jeruk mentah setiap hari untuk meningkatkan vitamin C di dalam tubuh dan mempercepat penyerapan zat besi.
🥈 Anda juga bisa minum jus tomat atau jeruk satu gelas setiap harinya untuk mencegah anemia.
 Dan sayur seperti bayam, kentang, brokoli dan juga protein seperti telur dan lain sebagainya.
 Semoga tips ini dapat membantu kalian semua 😊😊


Nama : Novi Muliawati
NIM : 170657


Anggota kelompok :
1. Novi Muliawati
2. Aprilia Novita
3. Rindang Monika
4. Ardani Cindy


Komentar

Postingan Populer