LAPORAN PENJUALAN KWU

TUGAS KEWIRAUSAHAAN
BISNIS ONLINE SHOP MELALUI MEDIA WHATSAPP



Disusun Oleh :
Novi Muliawati (170657)
Ardani Cindy Kurnia Dewi    (170664)
Ira Zahara Septiani (170678)
Rindang Monika Damayanti (170679)
Aprilia Novita indrawati (170684)

PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA FARMASI
POLITEKNIK KATOLIK MANGUNWIJAYA
2019

BISNIS KOSMETIK ONLINE (WHATSAPP) NAHDAH SHOP
Kewirausahaan adalah kemampuan untuk mengembangkan ide dan cara baru dalam menghadapi atau memecahkan permasalahan serta kemampuan untuk mendeteksi dan menemukan sebuah peluang yang kemudian dapat diterapkannya hal-hal tersebut untuk menuju kesuksesannya. Salah satu usaha yang sangat berpeluang mendapatkan kesuksesan adalah usaha dibidang kosmetik. Saat ini bisnis kosmetik sangat banyak di pasaran dan kemungkinan besar dapat meraup banyak keuntungan karena kaum hawa banyak yang menggunakan kosmetik.
Kelompok kami melakukan usaha dibidang kosmetik dan menjual berbagai jenis kosmetik. Penjualan kosmetik ini dilakukan melalui media komunikasi WhatsApp. WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone, jika dilihat dari fungsinya WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa dipergunakan pada ponsel lama, tetapi WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet. Tidak ada batasan, selama data internet sobat memadai.
KEUNTUNGAN BISNIS ONLINE VIA WHATSAPP BISNIS
Digunakan banyak orang.
Aplikasi Whatsapp merupakan aplikasi yang digunakan hampir seluruh warga Indonesia dan merupakan aplikasi popular dari semua kalangan. Sehingga akan lebih mudah melakukan bisnis online shop menggunakan aplikasi ini.
Memudahkan komunikasi dengan pelanggan secara langsung terkait produk yang ditawarkan.
Melalui aplikasi Whatsapp yang pada dasarnya adalah aplikasi percakapan yang sangat mudah digunakan sehingga dari pihak penjual maupun pembeli bisa langsung melalukan percakapan yang tujuan akhirnya adalah pembeli memperoleh produk yang sesuai dengan kebutuhan.
Menggunakan WhatsApp bisnis untuk keperluan marketing dan promosi.
Aplikasi Whatsapp telah menginovasi aplikasi baru yaitu Whtsapp Bussiness yang diperuntukkan marketing dan promosi. Kami menggunakan whatsapp business dengan fitur yang menunjang keperluan kami seperti balas cepat, katalog, deskripsi produk, story, dan lainnya.
Whatsapp bisnis memiliki fitur mengirim pesan secara otomatis memang memungkinkan untuk melakukan berbagai macam promosi dan respon cepat kepada pembeli.
Hal ini dapat membantu kami ketika kami sedang tidak dalam keadaan online maka chat dari konsumen akan terbalas otomatis sehingga tidak menurunkan kepercayaan konsumen kepada kami.
Terdapat fitur profil bisnis untuk memudahkan konsumen mengetahui informasi terkait usaha. Di antaranya adalah informasi terkait deskripsi bisnis, kategori, lokasi dan alamat, website dan email yang digunakan pebisnis.
Aman
Aplikasi WA merupakan salah satu aplikasi yang aman karena menyediakan fitur end to end (membuat pesan yang dikirim / diterima tidak dapat disadap atau diketahui orang lain sehigga keamanan data penjual/ konsumen terjaga
Bisa dibagikan melalui grub
Penjualan bisa disebarkan ke semua grub Wa yang dimiliki, sehingga banyak orang yang tau.
KERUGIAN BISNIS ONLINE VIA WHATSAPP BISNIS
Story hanya bisa dilihat oleh kontak yang disimpan pada telepon.
Tidak dapat dijangkau oleh masyarakat umum/luas dibandingkan dengan Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya yang sejenis.





Lampiran Pendukung
NAMA OLSHOP : Nahdah Shop
NO TELEPON : 081216812521
NO REKENING : 5954-01-008476-53-4 atas nama Aprilia Novitta Indrawati
ALAMAT WEB :
https://novimuliaw.blogspot.com/?m=1
DAFTAR PRODUK YANG DIJUAL :
NAMA PRODUK
HARGA

Single Blush Focallure
Rp 55.000,00

Eyeliner Pen Focallure
Rp 35.000,00

3CE Lip Color
Rp 80.000,00

Liptint Sasimi
Rp 30.000,00

Concealer Focallure
Rp 40.000,00

Eye Shadow Focallure
Rp 60.000,00

Foundation Focallure
Rp 50.000,00

Eye Brow (brown and black)
Rp 35.000,00


DATA PENJUALAN
NAMA PRODUK
HARGA

Eyeliner pen Focallure
Rp 35.000,00

Single blush Focallure
Rp 55.000,00

Foundation Focallure
Rp 50.000,00

TOTAL
Rp 140.000,00


KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH
Setiap produk kelompok kami mengambil keuntungan 10 – 15% dari harga asli kosmetik yang dibeli. Produk yang kami peroleh dari salahsatu saudara dari kelompok kami yang menjual produk – produk kosmetik dengan jumlah yang banyak sehingga kami bisa memperoleh harga yang murah dah dijual dengan keuntungan yang tidak terlalu sedikit.
BUKTI PENJUALAN
Produk yang terjual yaitu 1 pc eyeliner, blush on, dan foundation. Hanya ada 1 pembeli. Hal ini dikarenakan penjualan lewat wa hanya terbatas kontak saja yang bisa melihat story dari masing – masing kelompok dan grup, selain itu waktu untuk menjual produk lewat soty wa yang juga bisa dibagikan di story instagram yang terlalu singkat kurang lebih hanya seminggu saja. Sehingga belum bisa menjual produk dengan jumlah yang banyak. Berikut ini adalah percakapan konsumen yang ingin membeli produk NAHDAH SHOP.




KATALOG

GAMBAR PRODUK
























Komentar

Postingan Populer